RPPM Tema Pedagang Minggu Pertama TK B

 



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah    bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perllindungan Allah Subhanahu Wata’ala’.
Alhamdulillah telah sampai kita belajar diminggu ke 9 ( Sembilan ),Ayah bunda kami informasikan bahwasanya minggu ini yang seharusnya Ananda masuk belajar di sekolah. Namun, karena pandemibelum berakhir, sehingga anak-anak masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.
Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “Pekerjan Pedagang”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat mensyukuri ciptaan Allah ; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus ; 3) mengenal warna dan posisi ; 4) dapat menceritakan pengalaman  ; 5) dapat menyeleasaikan tugas tanpa bantuan ; 6) dapat mengenal keaksaraan awal dan konsep angka.
Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ini adalah :


1.      Aku mengenal macam-macam pekerjaan  

Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah / Bunda,bisa mengenalkan  macam-macam pekerjaan dan tugasnya..Ceritakan masing-masing pekerjaan tersebut dan tugasnya , Anak- bisa diajak untuk mengamati  jenis pekerjaan yang ada diekitar, toko, pasar, sawah, sekolah, rumah sakit, apotik, tukang kayu,bengkel, kantor polisi, pedagang sayur dan lain sebagainya  atau menggunakan media buku cerita bergambar.




2.      Hore aku bisa melambungkan dan menangkap bola:

Kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah / teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak anak-anak. Ajak anak-anak untuk berolahraga melambungkan dan menangkap bola bersama keluarga dirumah, setelah itu ajak anak-anak melakukaan secara  .




3.      Asyik aku bisa membuat minuman teh atau susu / sirup sendiri:

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak dirumah untuk membuat minuman yang ada dirumah yang disukai, anak  boleh diminta untuk menyiapkan alat –alat atau bahan yang dibutukkan, anak  diminta menyebutkan warnanya, sehingga anak bisa membedakan  macam-macam warna.



4.      Aku bisa bercerita tentang macam-macam pedagang yang ada dipasar :

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak sambil berjalan melihat lingkungan rumahnya, anak diajak menyebutkan dan menceritakan pedagang apa  saja yang ada di lingkungan rumahnya.


5.      Asyiknya aku bisa membentuk macam-macam buah /kue / alat- alat pekerjaan dengan plastisin , tanah liat atau playdaugh  :

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak unttuk membentuk buah/kue/alat pekerjaan yang  dilakukan  dengan suasana yang menyenangkan.


6.      Saya bisa mencuci tangan setelah bermain : 

Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan.


7.      Alhamdulilah aku bisa menyelesaikan maze:

 “ Pedagang mencari tempat membuang sampah  di TPA, Hal ini bisa lakukan dirumah dengan cara Ayah Bunda  mengajak anak-anak membiasakan menaruh atau membuang sampah  pada tempatnya,


8.      Aku bisa menggambar dengan batu kecil ditanah :

Kegiatan ini dilakukan  dihalaman rumah ditanah/ diarea yang lain. Ajak anak untuk mengambil batu kecil yang digunakan untuk menggambar, Ayah / bunda juga bisa mengenalkan bentuk dan tekstur dengan batu dan tanah tersebut.


9.      Menyanyi tentang pedagang,

Ayah Bunda bisa mengajak ananda untuk menyanyi lagu tentang pedagang .Menyanyi bisa dilakukan dengan senang dan ceria.

Lagu ; Pedagang

Mari-mari datang ketokoku

 Ada banyak barang  yang kau butuhkan

 Ayo dibelikan dibawa pulang

                                  

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah / Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group. 

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabu

 Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Laporan: TIM Guru TK B