RPPM Tema Pedagang Minggu Kedua KB

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Ayah/Bunda yang berbahagia, tidak terasa kita memasuki bermain dan belajar semester 2 dibulan maret , semoga Ayah/Bunda dalam kondisi sehat begitu pula dengan Ananda semua semoga tambah sehat aktif dan terus ceria. Ayah/ Bunda, semuanya untuk bermain dan belajar dirumah pekan ini kita masuk di tema Profesi.

Ayah/Bunda semuanya dalam tema ini tentunya mengenal ya apa itu profesi, nah pada kesempatan kali ini akan kita ambil topik pedagang untuk bermain dengan Ananda, ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah bunda . Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang yaitu ; 1. Anak dapat mengenal kegiatan beribadah seperti berdoa 2. Dapat melakukan gerakan motorik halus dan motorik kasar, 3. Bersikap sabar,mandiri 4. Mengenal benda-benda sekitar , berpikir kreatif dan teknologi sederhana 5. Menceritakan pengalaman sederhana, 6. Aktivitas seni sederhana seperti mewarnai dan menciptakan karya . Kegiatan bermain ini kami bagi menjadi selama dua pekan.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu II ini adalah :

 


1.  Alhamdulillah sekarang aku dimana ada tempat pedagang berjualan :

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak ananda untuk mengenal tempat-tempat dimana ada pedagang, bunda dapat mengenalkan warung, pasar, toko, supermarket, angkringan, untuk alternatifnya Ananda bisa melihat video pembelajaran yang ustadzah kirimkan

 


2.  Bermain membuat topi pedagang roti :

Kegiatan ini dapat dilakukan bunda dengan menyiapkan bahan-bahan yaitu kertas hvs/manila , gunting dan lem/doubletip, bagaimana caranya, lipat menjadi dua bagian, lem sisi yang terbuka, buatlah garis mendatar pada1/3 bagian kertas , kemudian lipat gunting sisi lipatan tsb dengan lebar 3cm, sampai bagian atas tergunting semua,, rekatkan ujung yang masih terbuka, ahamdulillah topi koki siap dipakai

 


3.      Alhamdulillah aku bisa menciptkan karya dari bentuk geometri :

Kegiatan ini dapat dilakukan di ruang teras, ruang tengah, atau ruang belajar. Bunda mempersiapkan kertas karya HVS dan kertas lipat yang sudah dipotong menjadi bentuk geometri,lingkaran dan persegi, lem . Ajaklah Ananda untuk menciptakan karya dengan menempel bentuk-bentuk geometri tersebut menjadi sebuah bentuk orang-orangan.


4.      Senangnya mewarnai pedagang buah :

Ajaklah ananda untuk mempersiapkan crayon atau alat warna yang ada dirumah, bunda siapkan lembar karya mewarnai seri pedagang buah,ajak ananda untuk menyebutkan warna-warna pada crayon,mintalah ananda untuk mewarnai dengan sebagus mungkin.

 


5.      Hari ini aku mau bercerita.:

Kegiatan ini boleh ananda menceritakan kegiatan apapun di rumah ya, boleh pengalaman ketika ke diajak membeli keperluan, bila tidak keluar rumah boleh menceritakan kegiatan sehari-hari dirumah ya jangan lupa bunda merekam cerita ananda ya.



6.      Bermain menggunting bentuk lingkaran segitiga dan persegi ditengah ada huruf saya:

Baik ayah bunda kegiatan ini mudah sekali, persiapkan gunting dan lembar kegiatanya.. ajak ananda untuk menggunting lingkaran bertuliskan saya sebanyak 5.

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

 

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

 

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

 

Waalaikum salam warah matullahi wabarakatuh

 

Laporan : TIM Guru KB