RPPM Tema Pedesaan TK A

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan  selalu dalam perllindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah Tanah Airku, sub tema Pedesaan”.  Kami sudah menyiapkan beberapa kegiatan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat mempercayai adanya Allah; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus ; 3) mengenal lingkungan sekitar tempat  tinggal     ; 4) dapat menjawab pertanyaan ; 5) dapat bersikap sabar; 6) dapat membut karya seni.

                   Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ini adalah :


1.      Mengenal lingkungan sekitar tempat tinggal.   Kegiatan dapat dilakukan bersama ayah/bunda, Ananda diajak untuk mengamati lingkungan di sekitar rumah, kemudian diajak berdialog/berdiskusi tentang lingkungannya. Apabila Ananda tinggal di daerah pedesaan, Ayah Bunda dapat menjelaskan ciri-cirinya, misalnya udara yang segar/sejuk, banyak sawah, banyak pepohonan, suasananya tenang. Apabila Ananda tinggal di perkotaan, Ayah Bunda dapat mengajak Ananda melihat lingkungan pedesaan, kemudian menjelaskan ciri-ciri lingkungan pedesaan.


2.     Hore aku bisa berjalan di atas papan titian. Kegiatan ini dapat dilakukan di pematang sawah. Ayah Bunda dapat mengajak Ananda jalan-jalan ke pematang sawah untuk melatih keseimbangan. Sekaligus dapat dikenalkan nama-nama tanaman yang ditemui.


3.       Meniru  tulisan :  Ayah Bunda dapat memberikan contoh tulisan untuk dicontoh Ananda. Karena saat ini sedang belajar tentang Pedesaan, Ayah Bunda dapat mencontohkan tulisan : sawah, pohon, sungai, sejuk, gotong royong dan lain-lain.  


4.     Senangnya bermain air dan pasir. Motorik halus Ananda dapat lebih kuat dengan kegiatan bermain air dan pasir. Ananda dapat membuat bola-boala dari pasir, mencetak pasir menjadi berbagai bentuk.

5.      Menanam bunga : kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak menanam Ananda bunga, sambil  dijelaskan manfaat menanam bunga, misalnya untuk keindahan, untuk mengurangi polusi

6.     Saya bisa mencuci tangan sebelum dan setelah makan :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan ssetiap sebelum dan selesai makan. 

7.         Aku bisa menghitung benda. Dalam kegiatan ini Ananda dapat menghitung benda yang ada di sekitarnya, misalnya pohon, batu untuk dihitun, kemudian ditulis angkanya di tanah.

 

 

Kegiatan minggu kedua :


1.    Aku bisa menyebutkan hal-hal yang biasa dilihat di pedesaan. Dalam kegiatan ini Ananda diminta menyebutkan sebanyak-banyaknya yang dapat dilihat di lingkungan pedesaan, misalnya : sawah, sungai yang jernih, banyak pepohonan, banyak hewan peliharaan, orang bergotong royong dan lain-lain.Aku bisa menggambar lingkungan pedesaan. Ananda menggambar lingkungan pedesaan sesuai dengan yang mereka pahami tentang lingkungan pedesaan.

2.    Aku bisa rapi mewarnai gambar petani. Dalam kegiatan ini Ananda diberi   kebebasan untuk memilih warna yang disukai, sesuai dengan imajinasi masing-masing anak.

 

3.    Aku tahu perbedaan kehidupan di pedesaan dengan perkotaan. Ayah dan Bunda mengajak Ananda untuk membedakan lingkungan pedesaan dan perkotaan. Pancing Ananda untuk menyampaikan pendapatnya, sesuai yang dipahami Ananda mengenai kehidupan di pedesaan dan perkotaan.


4.    Asyiknya bermain peran bersama Ayah dan Bunda, “Kerja bakti/gotong royong”. Dalam kegiatan ini Ananda bersama Ayah Bunda bermain peran sedang bergotong royong/kerja bakti. Sebelumnya dapat disampaikan bahwa gotong royong merupakan ciri khas kehidupan di desa yang sangat banyak manfaatnya.


5.    Membuat kreasi dari pelepah pisang. Kegiatan ini dilakukan dengan memakai bahan pelepah pisang yang dibentuk sesuai kreasi anak. Ayah Bunda dapat   membantu, misalnya membuat kreasi dengan  dibentuk seperti kuda-kudaan dan senapan.

6.    Mengikuti kisah Nabi Muhammad. Dalam kegiatan ini Ananda melihat video tentang kisa Nabi Muhammad. Dengan mengetahui kepribadian Rasulullah diharapkan Ananda dapat meneladani beliau

 

Demikian kegiatan yang bisa Ayah Bunda dan Ananda pilih dalam minggu ini. Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh