RPPM Tema Gunung Meletus TK A

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
  Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perlindungan Alloh SWT.
Alhamdulillah telah sampai kita dibulan Mei, Ayah Bunda kami informasikan bahwasanya minggu ini seharusnya bagi Ananda sudah bermain disekolah. Namun, karena pandemi belum berakhir, sehingga Ananda masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.
 Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “Gunung Meletus”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah ; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus dan kasar ; 3) mengenal warna dan bentuk ; 4) dapat menceritakan dan menyebutkan pengalaman  ; 5) dapat menyeleasaikan tugas dengan mandiri ; 6) dapat berkreasi.
Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu 1 ini adalah :

1.       Alhamdulillah Aku bisa menyebutkan bermacam – macam gunung. Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah/Bunda, bisa mengenalkan bermacam- macam gunung. Ajak Ananda untuk melihat buku-buku/ majalah yang berhubungan dengan gambar- gambar gunung, lalu Ananda dibimbing dalam menyebutkan macam – macam gunung seperti, gunung merapi, merbabu dll,   berikan pilihan kepada Ananda tentang pengetahuan bahwa gunung adalah ciptaan Allah

2.       Hore aku berani berjalan diatas papan titian: kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak Ananda. Ajak Ananda untuk berolahraga gerakan ringan bersama keluarga dirumah, setelah itu ajak Ananda melakukan gerakan berjalan diatas papan titian Untuk variasi boleh Ananda diajak melakukan gerakan berjalan santai dipagi hari.

3.       Saya bisa mencuci tangan setelah bermain :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak Ananda untuk selalu mencuci tangan selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan

4.       Yuuk... Ayah Bunda sebelum dan sesudah memulai kegiatan belajar ataupun  kegiatan yang lain ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda untuk membiasakan diri dengan berdoa, murajaah surat, hadits, doa mengaji UMMI  dimanapun Ananda berada

5.       Yuk mewarnai gambar dan mengenal warna: kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak  melihat warna-warna gunung yang sedang meletus , boleh diminta Ananda dirumah menyebutkan warnanya, sehingga anak bisa membedakan  macam-macam warna pada gunung meletus lalu ajak anak untuk mewarnai gambar gunung meletus.

6.       Aku bisa melipat bentuk gunung : Kegiatan ini dapat dilakukan bersama dengan Ananda dan Ayah Bunda, Ayah Bunda menyiapkan kertas lipat lalu Ananda mengamati setelah itu ajak Ananda mengerjakan kegiatan melipat ini dan kenalkan bentuk – bentuknya.

7.       Asyiknya bermain air dan pasir membuat gunung: kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda untuk lpraktek langsung bermain air dan pasir membentuk, ini juga untuk melatih motoric halusnya, lakukan dengan suasana yang menyenangkan dan mandiri.
 
Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan Ananda untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.
Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan Ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada  Ananda setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.
Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#
 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ayah Bunda, beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu 2 ini adalah :

1.      Alhamdulillah Aku bisa menyebutkan bermacam-macam hasil dari letusan gunung. Kegiatan dapat dilakukan bersama Ananda dan Ayah Bunda. Siapkan buku /gambar gunung meletus, Ajak anak untuk melihat mengamati apa saja benda ciptaan Allah yang keluar dari letusan gunung,  berikan kebebasan Ananda untuk menyebutkan seperti api, batu, pasir dll, tidak menutup kemungkinan Ananda akan menyebutkan benda dari letusan gunung sehingga akan menambah memperbanyak kosa kata.
  

2.      Hore aku berani berjalan diatas papan titian: kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak Ananda. Ajak Ananda untuk berolahraga gerakan ringan bersama keluarga dirumah, setelah itu ajak Ananda melakukan gerakan berjalan diatas papan titian Untuk variasi boleh Ananda diajak melakukan gerakan berjalan santai dipagi hari.

3.      Saya bisa mencuci tangan setelah bermain :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak Ananda untuk selalu mencuci tangan selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan 

4.      yuuk... Ayah Bunda sebelum dan sesudah memulai kegiatan belajar ataupun  kegiatan yang lain ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda untuk membiasakan diri dengan berdoa, murajaah surat, hadits, doa dan mengaji UMMI  dimanapun Ananda berada

5.      Yuk bermain mengisi pola dengan bentuk segitiga : kegiatan       ini dapat    dilakukan dengan mengajak Ananda untuk menyebutkan bentuk – bentuk geometri, boleh diminta Ananda  dirumah mencari benda- benda yang berbentuk geometri seperti jam dll, sehingga Ananda bisa membedakan  bentuknya. Ayah Bunda menyiapkan lembar kerja gambar gunung meletus lalu ajak Ananda untuk mengisi pola bentuk segitiga didalam gambar gunung sehingga Ananda bisa mengerjakan secara mandiri

6.      Aku bisa menggambar bebas pemandangan dan gunung meletus : Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda sambil berjalan -jalan keluar rumah sambil melihat suasana alam ciptaan Allah, ajak Ananda  menceritakan lalu tuangkan ide – ide tersebut melalui gambar, siapkan kertas hvs dan crayon.
7.      Asyiknya bermain sains/ percobaan gunung meletus: kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda untuk melakukan sains sederhana, Ayah Bunda menyiapkan bahan – bahan seperti air, cuka, soda kue, sabun cuci piring dan pewarna makanan, pasir untuk membentuk gunung lalu ajak Ananda untuk menyebutkan,  lakukan dengan suasana yang menyenangkan.
 
Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan Ananda untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.
Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.
Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#
Laporan : Tim Guru TK A