RPPM TK B TEMA BUMI MINGGU PERTAMA

 



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perllindungan Alloh SWT.

 Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “Benda-benda langit dengan topik Bumi”. Ada beberapa pilihan kegiatan  main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan  pada  Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah dan melakukan kegiatan beribadah sehari; 2) Dapat melakukan gerakan motorik kasar dan halus ; 3) memiliki sikap disiplin dan peduli terhadap orang lain; 4) dapat mengembangakan sikap rasa ingin tahu dan memecahkan masalah sederhana; 5) dapat mengenal keaksaraan;  6) dapat berkreasi dan beraktivitas seni.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ini adalah :

 


1.    1.  Aku bisa mengenal benda-benda langit. Kegiatan ini  dapat dilakukan bersama ayah bunda dengan cara, menunjukkan gambar atau vidio tentang benda benda langit, setelah menunjukan dan menjelaskan gambar atau vidio ayah bunda bisa meminta ananda untuk menyebutkan kembali benda-benda langit yang sudah dilihat atau dijelaskan. Kemudian ajak anak membuat bentuk bumi dengan plastisin.

 


2.  Alhamdulillah aku bisa berdoa dan mengaji setiap hari. kegiatan ini dapat dilakukan didalam  rumah, seperti di ruang tamu, ruang makan, ruang tidur ataupun diruang keluarga. Ayah  bunda bisa mengajak  bersama dengan ananda untuk selalu berdoa sebelum dan setelah melakukan aktifitas, ayah bunda juga bisa membiasakan anak-anak untuk selalu mengaji/murojaah dirumah.

 


3.  Alhamdulillah aku bisa berlari sambil melompat. Kegiatan ini bisa dilakukan di teras, halaman  rumah atau ruangan yang cukup untuk bergerak anak-anak. Ajak anak untuk berolahraga bersama berlari sambil melompti rintangan atau benda yang memungkinkan untuk dilompati oleh anak, misal keset, tali ataupun benda yang lain.


4.  Alhamdulillah aku bisa menunjukkan sikap disiplin dan mentaati aturan: kegiatan  ini dapat dilakukan dengan mengajak atau memberikan jadwal aktivitas kepada ananda untuk di perhatikan dan dipatuhi, jika ananda bisa disiplin dalam mengikuti jadwal yg diberikan  oleh ayah bunda, maka anak berhak mendapat, reword/ apresiasi dr ayah dan bunda.



5.  Aku bisa mengenal proses terjadinya siang dan malam : Kegiatan ini dapat ayah bunda lakukan dengan mengajak Ananda untuk praktek  bermain proses terjadinya siang dan malam dengan menggunakan globe atau bola dan senter dengan cara memutar bola atau globe dan di berikan cahaya dengan menggunakansenter, kegiatan ini juga bisa dilakukan dengan menyaksikan vidio yg dikirimkan oleh ustadzah.

 


6.  Alhamdulillah aku bisa menulis dan membaca apa saja yang termasuk benda langit: kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak ananda untuk menirukan atau melihat  kosa kata macam-macam benda langit (bulan, bintang, matahari, bumi dan yang lainnya) kemudian ditiru atau disalin di kertas yang sudah disediakan.

 


7.  Saya bisa mencuci tangan setelah bermain :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan 

 


8.  Aku bisa beraktivitas seni dengan menggunting dan mewarnai gambar benda-benda langit. Kegiatan ini bisa ayah bunda lakukan dengan membantu ananda menyiapkan dan menjelaskan cara menggunting dan mewarnai gambar yang sudah disediakan oleh ustadzah.

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Laporan : TIM GURU TK B