RPPM Tema Pedagang Minggu Kedua TK A

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perlindungan Alloh SWT. Alhamdulillah telah sampai kita dibulan Maret, Ayah bunda kami informasikan bahwasanya minggu ini seharusnya  awal masuk bagi Ananda di sekolah. Namun, karena pandemi belum berakhir, sehingga anak-anak masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.

 Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “Perkerjaan-Profesi/ Pedagang”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah dalam macam – macam profesi; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus dan kasar ; 3) dapat menyelesaikan mewarnai gambar pedagang ; 4) dapat praktek membuat minuman teh,kopi dll  ; 5) dapat bermain peran menjadi pedagang; 6) dapat mandiri dalam berkreasi

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ke 2 ini adalah :

1. Alhamdulillah aku bisa mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada Ayah Bunda . Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah/Bunda, bisa mengenalkan menyebutkan macam – macam profesi kepada Ananda. Ceritakan masing-masing profesi tersebut. Ajak anak untu menyebutkan tentang profesi tersebut dengan gambar atau alat yang lain. Berikan kebebasan kepada Ananda untuk mengenal profesi- profesi yang lain.

 


2. Alhamdulillah aku bisa berjalan maju lurus kedepan dan mundur kebelakang: kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak anak-anak. Ajak anak-anak untuk berolahraga berjalan bersama keluarga dirumah, setelah itu ajak anak melakukan gerakan berjalan maju lurus kedepan dan kebelakang. Untuk variasi Ananda boleh diajak jalan – jalan dipagi hari.

 


3.    Yuuk... Ayah Bunda sebelum dan sesudah memulai kegiatan belajar ataupun  kegiatan yang lain ini dapat dilakukan dengan mengajak ananda untuk membiasakan diri dengan berdoa  dimanapun Ananda berada. Setelah itu Ayah Bunda mengajak Ananda dalam muraja’ah surat, doa, hadits, mengaji UMMI serta mohon tetap dimotivasi dari rumah.


4. Yuuk..mewarnai gambar pedagang: kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak  melihat warna-warna crayon yang ada dirumah, boleh diminta anak  dirumah menyebutkan warnanya, sehingga anak bisa membedakan  macam-macam warna, bisa menyebutkan alat – alat pedagangnya ( misal gerobak dll ).

 


5. Alhamdulillah...ayuuk..belajar membuat minuman : kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda untuk berlatih mandiri dalam melakukan pembuatan ini. Ayah Bunda mengajak Ananda untuk menyiapkan perlengkapan dengan bersama- sama.dengan kegiatan ini anak bisa membedakan rasa, perubahan warna serta berlatih menyelesaikan tugas sendiri setelah selesai ajak Ananda merapikan kembali perlengkapannya    

 


6.    Saya bisa mencuci tangan setelah bermain :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan 

 


7. Alhamdulillah Aku bisa bermain peran menjadi pedagang Kegiatan ini dilakukan  dihalaman rumah / diarea yang lain. Ajak Ananda untuk menyiapkan bahan – bahan yang digunakan untuk bermain peran, Ayah/Bunda dan peran keluarga juga bisa dilibatkan dalam kegiatan ini ada yang jadi penjual,pembeli dll.

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan Ananda, beri kebebasan Ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Laporan : Kuswindiyah, S. Pd AUD.