RPPM Tema Air Udara Api Minggu Pertama KB

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Ayah Bunda, kami informasikan bahwasanya minggu ini seharusnya sudah minggu ke-11 Ananda di sekolah. Namun, karena pandemi belum berakhir, sehingga anak-anak masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.

 Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda selama dua minggu kedepan adalah “Benda-Benda Alam/Air, Api, Udara”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah ; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus ; 3) mengenal warna dan posisi ; 4) dapat menceritakan pengalaman  ; 5) dapat menyeleasaikan tugas tanpa bantuan ; 6) dapat berkreasi.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ke-11 ini adalah :

 


1.    Aku bisa mengenal benda-benda alam di sekitar rumahku. Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah/Bunda, dengan mengenalkan air, api, dan udara. Ceritakan masing-masing benda-benda alam tersebut dan dimana benda-benda alam terebut dapat ditemukan.

 


2.    Hore aku bisa menyebutkan benda-benda alam yang ada disekitarku. Kegiatan ini dapat dilakukan dngan mengajak anak sambil berjalan disekitar rumahnya. Anak diajak menyebutkan benda-benda alam tersebut. Ayah Bunda juga bisa mengenalkan bagaimana rsanya bila kita terkena air, api, atau udara.



3.    Aku bisa berjalan sambil membawa ember berisi air: kegiatan ini dapat dilakukan di halama rumah dengan mengajak anak  berjalan hati-hati sambil membawa ember kecil yang berisi air. Jangan lupa selalu memberikan semangat kepada anak agar air yang dibawa tidak tumpah.

 



4.    Aku bisa memasukkan air ke dalam botol menggunakan sendok: Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak memasukkan air ke dalam botol aqua  sukuran sedang menggunakan sendok bebek. Beri semangat kepada anak agar bisa berhari-hati dalam memasukkan air tersebut sehingga air tidak tumpah dan botolpun bisa terisi air dengan penuh.

 

5.    Asyiknya membuat lampion balon : Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk membuat lampion dari balon dan botol bekas. Anak bisa diajak untuk memasukkan balon tersebut ke dalam botol yang sudah di seset bagian sisi-sisinya dan meniup balon tersebut sehingga bisa membentuk seperti lampion.

 


6.    Senangnya bisa bernyanyi lagu “Udara Cerah”:  Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak menyanyikan lagu “Udara Cerah” dengan ceria, boleh sambil bertepuk tangan atau menggerakkan badan. 

 

           udara cerah berlangit biru, ingin aku bersenang-senang bersamamu. Menari-nari dan bernyanyi, di alam bebas yang indah seperti ini. La..la..la..la...hati suka cita. La..la..la..la...hati gembira”

 

        Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.
    Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.
    Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Laporan : Tri Lestari, S. Sos