RPPM Tema Air, Udara, Api Minggu Pertama TK A

                              


                                Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh    

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan  selalu dalam perllindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalahBenda-Benda Alam, sub tema Air, Api, Udara . Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat bersukur kepada Allah ; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus ; 3) mengenal benda-benda alam  ; 4) dapat menceritakan pengalaman  ; 5) dapat disiplin menaati aturan yang ada di rumah ; 6) dapat berkreasi.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ini adalah :

1.  Mengenal benda-benda alam yang ada di lingkungan sekitar rumah.  Kegiatan dapat dilakukan bersama ayah/bunda, Ananda diajak untuk mengamati lingkungan di sekitar rumah, kemudian dikenalkan dengan benda-benda alam seperti air, api, tanah, batu dan udara. Ajak mereka untuk memegang benda-benda tersebut( kecuali api), sambil sambil dijelaskan bentuknya dan sifat-sifatnya.

             


2.      Hore aku bisa menirukan gerakan pohon tertiup angin. Kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak anak-anak. Ajak anak-anak untuk berolahraga bersama keluarga dirumah,  melakukan peregangan otot dengan menirukan gerakan pohon tertiup angin yang meliuk ke kanan dan ke kiri. Dalam kegiatan ini, Ayah Bunda dapat sekaligus mengajak ananda belajar berhitung.

3.      Senangnya mengisi air ke dalam botol  :  kegiatan ini dilakukan dengan cara mengisi botol dengan air. Peralatan yang dibutuhkan : ember yang diisi air, botol, gelas plastik. Akan lebih menarik apabila air diberi pewarna makanan sehingga terlihat berwarna saat dimasukkan ke dalam botol. Ajak anak untuk memindahkan air yang ada di ember ke dalam botol. Supaya lebih seru, Ayah Bunda bias mengajak Ananda berlomba. 

4.  Aku tau manfaat air : Kegiatan ini dapat dilakukan dengan diskusi santai bersama Ayah Bunda. Minta anak untuk menyebutkan manfaat air, misalnya untuk mandi, minum, wudlu, berenang, tempat hidup ikan, dan lain-lain.

 


5.  Aku bisa menghemat air  : kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengingatkan anak untuk menghemat air saat mencuci tangan dan berwudlu, menggunakan air secukupnya dan mematikan kran air setelah selesai dipakai.


6.   Saya bisa mencuci tangan sebelum dan setelah makan :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan ssetiap sebelum dan selesai makan.



7. Aku bisa menulis kata-kata sederhana : Kegiatan ini dilakukan  dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar rumah misalnya kerikil, lidi atau sobekan daun. Kemudian disusun menjadi kata air, api, udara. 


Demikian kegiatan yang bisa Ayah Bunda dan Ananda pilih dalam minggu ini. Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Laporan : TIM Guru TK A