RPPM Tema Sepeda Minggu II TK B

RPPM TEMA SEPEDA 

MINGGU II TK B



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah swt, Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan selalu dalam perllindungan Allah SWT.

Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “kendaraan darat/ sepeda”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang Ustadzah sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda di rumah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu:

1.      Anak dapat mempercayai adanya Allah SWT melalui ciptaanNya pada alat transportasi kendaraan darat/ sepeda. (Nam 1.1)

2.      Anak dapat menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. (FM 3.3-4.3)

3.      Anak dapat menunjukkan sikap mandiri. (SE  2.8)

4.      Anak dapat mengenal benda-benda disekitarnya. (Kog 3.6-4.6)

5.      Anak dapat menunjukkan kemampuan keaksaraan awal. (Bahasa 3.12-4.12)

6.      Anak dapat membuat berbagai karya dan aktivitas seni. (Seni 3.15-4.15)


1. Aku senang mengenal dan menulis jenis-jenis sepeda

Kegiatan ini dapat dilakukan bersama Ayah Bunda di rumah, dengan  mengenalkan jenis-jenis sepeda misalnya sepeda balap, lipat, gunung dan lainnya. Ayah Bunda bisa mencari gambar sepeda di google, youtube, buku cerita, melihat/ mengamati langsung. Ajak anak berdiskusi atau tanya jawab tentang perbedaan, persamaan, manfaat, dan lainnya. Kemudian anak menuliskan jenis-jenis sepeda tersebut di buku tulis.

 


 

2. Senangnya menghias sepedaku sendiri

kegiatan ini dapat dilakukan anak untuk menuangkan kreativitas masing – masing anak untuk menghias sepedanya sendiri dengan bahan yang ada di rumah atau lingkungan sekitar rumah.

 


 

3. Ayo kita amati bagian-bagian roda sepeda

kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk mengamati dan mengenal bagian-bagian dari ban sepeda, seperti : jeruji, ban, pelek, tromol dan lain sebagainya.

4. Senangnya bermain maze angka

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk mencari jalan untuk membawa sepeda yang rusak ke bengkel sepeda dengan teliti. Anak mengurutkan angka dari angka 1 sampai 10 atau dari gambar sepeda menuju gambar bengkel sepeda dengan menarik garis atau melingkarinya.


 

 5. Yuk kita menulis bagian-bagian roda sepeda

kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk mengamati bagian sepeda yaitu roda sepeda. Ajak anak untuk mengamati roda sepeda milik anak sendiri. Setelah di amati ajak anak untuk mengetahui atau mengenal bagian-bagian roda sepeda tersebut.


 

6. Alhamdulillah aku bisa membangun bengkel sepeda.

Ajak anak untuk menuangkan ide, kreativitas dengan berbagai media yang ada di rumah seperti, lego, balok, kerikil, kardus, daun, tanah atau lainnya. Untuk membangun sebuah bangunan bengkel sepeda. 

    Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih satu kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

    Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

    Jazakumullah khair atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Perhatikan video berikut ini:



Laporan : Ari Widyantari, S. Pd AUD.