SEJARAH SINGKAT TK YAA BUNAYYA

 


Sejarah Singkat TK Yaa Bunayya

TK Yaa Bunayya didirikan oleh Yayasan As-Sakinah Yogyakarta di waktu kepemimpinan Drs. Budhi Gunawan, Lc pada tahun 1996 dengan izin pendirian dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman nomor 025/I.13.5/Kpts./I/97. Berdiri di atas tanah seluas 500 m­2 yang dimulai dengan layanan program Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak  dalam satu atap dengan jumlah siswa 25 anak. 

Awal mula didirikannya lembaga ini adalah sebagai upaya merintis dakwah di bidang pendidikan dan untuk menjaga aqidah anak-anak dari bahaya kristenisasi yang marak dilingkungan tersebut pada waktu itu. Hingga tahun 2003 program tersebut terus berjalan masih di bawah nama TK Yaa Bunayya. Barulah kemudian, seiring dengan kebijakan dibukanya program PAUD secara nasional, dan atas adanya arahan perlunya pemisahan KB dan TK dari dinas terkait maka Yayasan As-Sakinah mengambil langkah pengajuan pendirian PAUD dengan nama Permata Ummi dengan izin operasional Nomor 210/KPTS/2006. Maka sejak tahun itu TK Yaa Bunayya fokus membuka layanan usia 4 tahun sampai dengan 7 tahun.

Tidak ada perjuangan yang tidak menghadapi masalah. Bahkan masalah itu sendiri ditakdirkan sebagai faktor pemantik terciptanya kemajuan-kemajuan . Demikian pula takdir yang kami hadapi. Dalam perjalanannya TK Yaa Bunayya dihadapkan pada kendala yang bermacam-macam. Mulai dari kekurangan sarana –prasarana, defisit anggaran, hingga pada masalah sumber daya manusia. Alhamdulillah, melalui kerjasama sinergis yang dibangun dengan para pemangku kepentingan (stakeholders), khususnya para walimurid, maka sedikit demi sedikit dan setahap demi setahap segala permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Dan Alhamdulillah melalui bimbingan berbagai pihak terutama pengawas sekolah ,TK Yaa Bunayya bisa terakreditasi pada tahun 2006 dengan nilai A. 

Hingga kini TK Yaa Bunayya masih terus berusaha meningkatkan kualitas layanan pendidikan untuk masyarakat sekitar demi untuk menjaga amanah yang sudah dititipkan. Saat ini (2020/2021) jumlah siswa yang dititipkan kepada kami ada 110 siswa.