RPPM Tema Pedesaan KB

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Ayah Bunda, kami informasikan bahwasanya minggu ini seharusnya sudah minggu ke-19 Ananda di sekolah. Namun, karena pandemi belum berakhir, sehingga anak-anak masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.

 Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda selama dua minggu kedepan adalah “Tanah Airku/Pedesaan”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah ; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus ; 3) mengenal warna dan posisi ; 4) dapat menceritakan pengalaman  ; 5) dapat menyeleasaikan tugas tanpa bantuan ; 6) dapat berkreasi.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ke-19 ini adalah :

1.    Aku tau tanah airku Indonesia: Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah/Bunda, dengan mengenalkan Indonesia sebagai tanah air kita. Ayah Bunda bisa menceritakan lambang negara Indonesia, Bendera Indonesia, Ibu Kota Indonesia dan menyampaikan bahwa tanah air ini adalah ciptaan Allah.


2.    Asyiknya mneggambar pedesaan: Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak mengambar pedesaan. Ajak anak untuk bercerita apa yang mereka gambar dan apa warnanya.


3.    Alhamdulillah aku bisa menghitung jumlah pohon yang ada di depan rumah: Kegiatan ini dapat dilakukan di halaman rumah dengan mengajak anak  untuk menghitung jumlah pohon yang ada di depan rumah. Ajak anak untuk menyebutkan nama pohon tersebut.


4.    Asyiknya menyanyi lagu “Desaku”: Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak menyanyikan lagu “Desaku” dengan ceria sambil bertepuk tangan dan menggerakkan tubuh kekanan kekiri.


5.    Asyiknya beljar montase : Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menyiapkan gambar pedesaan tanpa pohon dan rumah. Siapkan juga beberapa gambar pohon dan gambar rumah yang sudah dipotong. Ajak anak untuk menempel gambar pohon dan rumah tersebut dalam gambar pedesaan.


6.    Asyiknya mencabut rumput di kebun:  Kegiatan ini bisa dilakukan di kebun dpan rumah atau belakang rumah. Ajak anak untuk berperan serta mencabut rumput liar di kebun tersebut. Motivasi anak untuk tidak perlu takut kotor.

    Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ke-20 adalah :


1.    Asyiknya jalan-jalan keliling desa: Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah/Bunda, dengan mengajak anak berjalan-jalan mengelilingi desa sekitar untuk melihat suasana desa dan melihat hewa-hewan yang ada di desa. Ajak anak untuk menyebutkan hewan yang mereka lihat. Dan sampaikan kepada anak bahwa hewan ttersebut ciptaan Allah.

2.    Alhamdulillah aku bisa membedakan suasana di kta dan di desa: Kegiatan ini dapat dilakukan Ayah Bunda dengan mengajak anak bercerita bagaimana kehidupan dan suasana di desa serta kehidupan dan suasana di kota. Kemudian siapkan beberapa gambar tentang pedesaan dan beberapa gambar perkotaan. Ajak anak untuk mengelompokkan gambar tersebut.


3.    Alhamdulillah aku bisa mengurutkan benda dari kecil ke besar: Kegiatan ini dapat dilakukan Ayah Bunda dengan mengambil beberapa batu dari ukuran terkecil hingga ukuran besar. Ajak anak untuk mengurut batu tersebut dari yang terkecil hingga yang ke besar.


4.    Alhamdulillah aku bisa cuci tangan pakai sabun sampai bersih: Kegiatan ini dapat dilakukanAyah Bunda dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun sampai bersih setelah selesai bermain. Dampingi anak dan ajarkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar.


5.    Alhamdulillah aku tau kata “d-e-s-a”: Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengenalkan huruf “d-e-s-a” kepada anak. Ajak anak untuk menirukan pengucapan perhuruf dan pengucapan kata “desa”.


6.    Asyiknya bermain finger panting:  Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk menyiapkan kertas HVS atau kertas gambar dan cat air. Ajak anak untuk menuang cat secukupnya kedalam wadah dan campur dengan sedikit air. Maukkan tangan anak ke dalam wadah yang berisi cat tersebut kemudian jiplak di kertas yang sudah disediakan.

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#