RPPM Tema Gunung Meletus TK B

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah puji syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah swt, sehingga Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah Bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perllindungan Alloh SWT.
Ayah bunda kami informasikan bahwasanya selama 2 minggu yang akan datang pembelajarannya sudah berganti tema. Karena pandemi belum berakhir, maka ananda masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah. Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah gunung meletus”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Ananda dapat mempercayai adanya Allah melalui ciptaanNya ; 2) Dapat melakukan gerakan motorik halus ; 3) Mengenal benda-benda disekitarnya ; 4) Dapat memahami bahasa reseprif  ; 5) Ananda dapat bersabar ketika bermain dan menyelesaikan tugas ; 6) Dapat berkreasi dan beraktivitas seni.
Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu pertama ini adalah :

1.      Mengenal macam-macam gejala alam. Kegiatan dapat dilakukan bersama ayah/bunda, bisa dengan mengajak Ananda untuk bersama-sama bercakap-cakap tentang gejala alam yang ada (seperti: banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, dll). Ajak Ananda untuk melihat dan mensyukuri semua ciptaan Allah yang ada disektar kita.

 
2.      Hore aku bisa berlari: kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah atau tempat yang cukup untuk bergerak ananda. Ajak ananda untuk berolahraga melakukan pemanasan terlebih dahulu bersama, setelah itu ajak ananda melakukan gerakan berlari dihalaman rumah atau ditempat terbuka.

3.      Bermain huruf dengan lukisan lilin: Bunda dirumah bisa menyiapkan lilin, pewarna dan kertas serta kuas. Caranya goreskan lilin ke atas kertas membentuk macam-macam huruf (bisa nama anak atau nama benda-benda yang lain). Setelah itu siapkan pewarna kemudian dicampur dengan air. Ambil kuas dan  sapukan diatas kertas yang sudah ada goresan lilin tersebut. Nanti akan mucul tulisan tadi yang sudah dituliskna menggunakan lilin.


4.      Senangnya bermain maze : Kegiatan ini dapat dilakukan dengan didampingi oleh orangtua. Ajak anak untuk mencari jalan bagi pengungsi menuju ke barak pengungsian dengan menuliskan bentuk geometri.

5.      Asyiknya menghitung tenda : Ajak Ananda utuk mengenal tenda dan menghitung jumlah tenda yang ada pada LK yang sudah disediakan. Orangtua bisa mendmapingi anak untuk membantu anak dalam mengenal konsep bilangan.


6.      Aku bisa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan :  kegiatan ini dilakukan dengan mengajak ananda untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan.

7.      Senangnya menggambar gunung meletus :Kegiatan ini dilakukan  dengan mengajak ananda untuk berkreasi menuangkan idenya menggambar suasana gunung meletus.
8.      Mendengarkan cerita. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menyediakan buku cerita bergambar dirumah. Bunda bisa mendampingi ananda untuk membaca buku cerita bergambar. Bunda juga bisa membacakan buku cerita terlebih dahulu untuk menstimulasi agar ananda suka membaca.

9.      Ayo menyanyi bersama. Bunda bisa mengajak Ananda untuk menyanyi lagu tentang gejala alam. Menyanyi bisa dilakukan dengan keadaan senang dan ceria. Syair lagunya:
Nada: naik-naik kepuncak gunung
Gempa bumi itulah tanda gunung akan meletus
Hujan deras tanahnya longsor, banjir dn angin ribut
Bergantian siang dan malam, pelangi nampak indah
Hujan badai dan halilintar, semua gejala alam
 
Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan ananda untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.
Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   ananda setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group. Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#.


Ayah Bunda beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu kedua ini adalah :

1.       Aku bisa mensyukuri nikmat Allah. Kegiatan dapat dilakukan bersama ayah/bunda dirumah. Bunda bisa mengajak Ananda melihat dan menyebutkan apa saja benda-benda yang ada disekitar rumah. Ajak ananda untuk mengucapkan alhamdulilah atas  ciptaan Allah.
 

2.       Alhamdulillah aku senang mengaji. Kegiatan dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk bersama-sama murojaah hafalan surat, hadits dan doa sehari-hari agar tetap terjaga hafalannya.
 

3.       Ayo berhitung bersama. Kegiatan dapat dilakukan dengan mengajak Ananda mengenal benda-benda yang ada dipengungsian dan menghitungnya dengan LK yang dibagikan.

4.       Senangnya mewarnai gambar. Bunda bisa mengajak Ananda untuk mengenal berbagai warna kemudian mengajak Ananda untuk mewarnai gambar gunung meletus dengan rapi.
 

5.      Kolase gambar. Peralatan yang disiapkan dalam kegiatan ini adalah: lem dan potongan kertas warna. Bunda bisa mengajak Ananda untuk menempel potoggan kertas pada gambar tenda dengan rapi..
 


6.      Ayo menyusun gambar seri. Bunda bisa menceritakann tentang gambar seri yang ada di LK. Kemudian ajak anak untuk mengurutkan gambar seri tersebut.
 

 
7.      Menyusun huruf dengan media yang ada. Ajak anak untuk menyusun kata gunung meletus dengan menggunakan plastisin atau media yang ada disekitar rumah.
 

8.      Ayo berkreasi membuat gunung meletus. Bunda bisa mengajak Ananda untuk melakukan ekspermen gunung meletus dengan menggunakan media; air, pasir, cuka, pewarna makanan.
 


 
9.      Asyiknya mengucapkan syair. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama bunda didalam maupun diluar ruangan. Ajak Ananda untuk membaca syair bersama, kemudian mintalah Ananda untuk mengulang mmebaca syaqir tersebut. Syairnya:
 
GUNUNG MELETUS .
Dhuung..... gleger.... gludug gludug...
Api membumbung tinggi ,
Angin panas , datang membawa abu vulkanik yang ganas.
Manusia berlarian mencari tempat perlindungan
Semua minta pertolongan
Hanya Allah lah sebagai penolong
  
Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan ananda untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.
Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   ananda setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group. Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#. Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Laporan : Tim Guru TK B