RPPM Tema Gunung Meletus KB

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ayah/Bunda yang berbahagia, tidak terasa  kita memasuki bermain dan belajar semester 2 dibulan  Mei ,  semoga Ayah/Bunda dalam kondisi sehat begitu pula dengan  Ananda semua semoga tambah sehat aktif dan terus ceria. Ayah/ Bunda, semuanya untuk bermain dan belajar dirumah  pekan ini kita masuk tema Gejala alam dengan topik gunung meletus

Ayah/Bunda semuanya dalam tema ini kita akan membahas tentang ciptaan Allah yang didalam al qur’an banyak diceritakan yaitu tentang gunung, allah berfirman dalam surat  yang artinya dan telah kuciptakan gunung-gunung menjadi pasak bumi..., masyaa allah subhanallah dengan ciptaan Allah ini manusia kita tentunya banyak mengambil banyak hikmah, ya gunung meletus merupakan proses alamiah alam sehingga kehidupan manusia menjadi seimbang. Nah ayah bunda semua  ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah bunda . Adapun tujuan yang ingin  dicapai dalam kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang yaitu ; 1. Anak dapat mengenal kegiatan beribadah seperti berdoa  2. Dapat melakukan gerakan motorik halus dan motorik kasar, 3. Bersikap sabar, 4. Mengenal benda-benda sekitar  dan menegal lingkungan alam 5. Menceritakan pengalaman sederhana, 6. Aktivitas seni sederhana seperti mewarnai dan menciptakan karya . Kegiatan bermain ini kami bagi menjadi selama dua pekan.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu I  ini adalah :

1.      Alhamdulillah aku bisa mengenal ciptaan Allah berupa gunung yaitu gunung meletus  :  Kegiatan ini ayah bunda bisa mengajak ananda semua untuk mengenal apa yang dimaksud  dengan gunung meletus untuk mempermudah ananda , ustadzah akan mengirimkan video pembelajaran tentang gejala alam berupa gunung meletus ini.


2.      Bermain melukis pemandangan: Alhamdulillah untuk kegiatan ini anda dapat melihat keluar rumah melihat sebuah pemandangan alam. Nah setelah itu ayah /bunda bisa menyiapkan kertas gambar dan alat gambar boleh crayon, kuas cat dan spidol,ajak ananda untuk menggambar pemndangan yang tadi dilihat boleh gunung, suasana kolam, sawah, perkebunan


3.      Bermain olah raga lari pagi: Kegiatan ini dapat ananda lakukan dipagi hari boleh melakukan aktivitas olah raga sederhana, seperti bermain bola, lari pagi, bermain sepeda, jalan sehat dan sebagainya, ajak ananda untuk tetap bersemangat menyambut datangnya pagi ungkapkan rasa syukur alhamdulillah Allah masi memberikan kesempatan kepada kita untuk menikmati udara pagi yang sejuk dan sehat.


4.      Senangnya membuat sarapan pagi kesukaanku: Ayah/bunda untuk memperkuat imunitas kita supaya tetap sehat, ananda semua mari dibuatkan menu yang spesial untuk sarapan paginya. Nah kegiatan ini Ajak ananda untuk membuat  menu spesial untuk makan paginya, boleh nasi goreng, roti isi, atau menu yang lain. Libatkan ananda dalam proses membuatnya, diharapkan menjadi pengalaman menarik dalam membantu ananda untuk lebih eksplorastif, bersikap sabar dan mengenal benda dan alat yang digunakan untuk membuat menu sarapan spesialnya.


5.      Bermain angka 1-10: kegiatatan ini dapat ananda lakukan dengan  mengurutkan angka 1-10  dengan membuat kartu angka 1-10, Ayah/bunda  bisa menggunaka kertas warna kemudian di tulis angka 1-10 dengan spidol atau crayon. Ajak ananda untuk membilang 1-10 kemudian baru mengenal angka 1-10 dan terakhir bermain mengurutkan angka,boleh membuat 2 set sehingga ananda bisa mencotoh cara mengurutkannya,sambil latihan membilang 1-10.


6.      Susun rapi yuuk ..!: Kegiatan ini dapat dilakukan ananda diruang teras,ruang bermain atau ruang belajar,ya hari ini ananda mau diajak merapikan sandalk dirak sepatu boleh, merapikan buku-buku, merapikan mainan yang sudah dipakai, agar semua terlihat rapi

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ayah Bunda, beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu II ini adalah :


1.      Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak ananda untuk mengenal apa yang dikeluarkan oleh gunung meletus, ya magma berisi batu dan pasir, awan panas dan asap. Nah kenalkan bahwa batu termasuk salah satu benda yang dikeluarkan oleh gunung meletus, nah hari ini kita mau ekslporasi dengan batu, ajak ananda untuk mengambil batu diluar rumah, kemudian siapkan garis atau tali yang dibentuk menajdi pola tersebut, ananda semua boleh membuat pola  dengan batu itu menjadi garis vertikal , garis mendatar  atau garis miring lakukan berulang-ulang eksplor dengan garis lengkung dan zigzag, minta ananda untuk membuat pola  garis yang kita minta dengan batu tersebut.

2.      Bermain mengizi maze perjalanan menjauhi gunung meletus menuju barak pengungsian :  Kegiatan ini ajak ananda mengenal bahayanya gunung meletus bila kita tinggal sangat dekat dan  kita harus meninggalkan tempat  tinggal sementara ketempat yang aman,kegiatan ini namanya mengungsi. Nah Ustadzah sudah menyiapkan lembar kegiatan untuk hari ini boleh mengisikan pola garis tegak lurus kedalam jalan orang yang sedang berjalan  mengungsi kedaerah aman/barak pengungsian.


3.      Alhamdulillah aku bisa menciptkan karya kolase  gunung : kegiatan ini dapat dilakukan di ruangan bermain,ajak ananda untuk menempelkan kertas yang sudah berbentuk menjadi gambar pemandangan gunung

4.      Aku bisa menyusn puzzle sederhana ; kegiatan ini mudah sekali, ayah bundaperlu menyiapkan kertas lipat, potonglah menjadi 3 atau 4 bagian garis  vertikal dan horizontal,ajak anak untuk menyusun puzzle potongan ketras tersebut menjadi betnuk kertas semula yang lebih besar. Bila ananda sudah bisa ulangi dengan bunda menggunting menjadi 3-4bagian dengan pola garis miring, selamat berksplorasi.

5.      Alhamdulillah aku membuat teropong : kegiatan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas bisa tempat minum bekas dari  kertas, aqua bekas,  gulungan bekas tisu rol, atau kertas manila gulung, siapkan tali dan double tip /lakban, lubangilah bagian belakang bila menggunakan gelas aqua bekas dari kertas atau plastik, kemudian rekatkan dengan double tip/lem,pasanglah tali  disisi samping gelas


6.      Percobaan gunung meletus : Ayah/bunda hari inikit mau ajak anand untuk membuat percobaan gunung meletus, alat yang disiapkan yaitu playduogh dari tepung, soda kue  , cuka dan pewarna. Buatlah miniatur gunung dengan playdough yang tengah diberi botol kecil, mula- mula masukan soda kue kedalam botol kecil dalam miniatur gunung, kemudian teteskan pewarna, kemudian siap-siap tuang cuka sedikit-demi sedikit nanti miniatur gunung meletus akan keluar magmanya, lakukan percobaan berulang-ulang, ingat selalu dampingi ananda ya Bunda, selamat mencoba

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Waalaikum salam warah matullahi wabarakatuh

Laporan: Tim Guru KB