RPPM Rukun Islam/ Puasa TK B

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah swt, Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan selalu dalam perllindungan Allah SWT. Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah Rukun Islam/ Puasa”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang Ustadzah sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda di rumah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu:

1.      Anak dapat mempercayai adanya Allah SWT melalui ciptaanNya pada Rukun Islam kendaraan darat/ sepeda. (Nam 1.1)

2.      Anak dapat mengharga diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Allah SWT (Nam 1.2)

3.      Anak dapat menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. (FM 3.3-4.3)

4.      Anak dapat menunjukkan sikap mandiri. (SE  2.7)

5.      Anak dapat mengenal benda-benda disekitarnya. (Kog 3.6-4.6)

6.      Anak dapat menunjukkan kemampuan keaksaraan awal. (Bahasa 3.12-4.12)

7.      Anak dapat membuat berbagai karya dan aktivitas seni. (Seni 3.15-4.15)

 

Beberapa Kegiatan Main Yang Bisa Ayah Bunda Pilih Dalam Minggu Ke 15, Yaitu :


1. Aku Mengenal dan membuat hiasan Rukun Islam

 Kegiatan ini dapat dilakukan bersama Ayah Bunda di rumah, dengan  mengenalkan Rukun Islam kepada Ananda. Ayah Bunda bisa menyampaikan Rukun Islam sesuai hadits arbain ke 3 yaitu : ”Dari Abdullah Bin Umar Radhiyallahu‘anhuma dia berkata: ”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah subhanahu wa ta’ala dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, haji (ke Baitullah) dan puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).Setelah anak mengenal urutan Rukun Islam ajak anak membuat hiasan urutan Rukun Islam dengan media yang ada dirumah.


2. Membuat hiasan ucapan Marhaban Ya Ramadhaan 

Kegiatan ini dapat dilakukan bersama-sama anggota keluarga, ajak anak-anak menghias rumah, atau kamar atau dinding rumah dengan hiasan menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan suka cita.  


3. Menggunting daun (media yang ada dirumah) dan membentuk Lafadz Allah

Kegiatan ini anak-anak berkreasi dengan bahan alam atau media yang ada di rumah. Anak bisa menggunting media dan membentuk tulisan lafadz Allah, kemudian ditempelkan di Kertas HVS. kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk dapat berkreativitas untuk memanfaatkan daun atau bahan lain, untuk berkreativitas membentuk atau membuat tulisan lafadz Allah.  


4. Mengenal dan menghubungkan gambar penerima zakat

Kegiatan ini dapat diawali dengan mengajak anak berdiskusi tentang zakat dan siapa saja yang dapat menerima zakat. Setelah anak mengetahui persilahkan anak untuk menghubungkan gambar denga tulisan penerima zakat yang sudah di kenalkan oleh Ayah/ Bunda.


5. Yuuuk kita mengenal perlengkapan sholat dan gerakan sholat

Sebelum mengerjakan kegiatan ini, ajak anak untuk berdiskusi tentang apa saja perlengkapan ketika akan sholat dan bagaimana gerakan sholat. Ajak anak untuk mempraktekkan gerakan - gerakan sholat secara urut. Setelah anak mempraktekkan anak bisa melanjutkan dengan mengerjakan LK ini, sebagai latihan atau penguat ingatan anak.

6. Alhamdulillah aku bisa menggambar masjid dan ka’bah

kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk menuangkan imajinasi anak untuk menggambar Masjid dan Ka’bah sesuai dengan kreativitas anak-anak. Setelah menggambar anak - anak kemudian mewarnai gambar Masjid dan Ka’bah yang sudah digambarnya. Boleh mewarnai dengan spidol, krayon, cat air dan lainnya. 

Beberapa Kegiatan Main Yang Bisa Ayah Bunda Pilih Dalam Minggu Ke 16 Yaitu :



1. Mengenal 5 waktu sholat dan membuat pengingat jangan lupa sholat 5 waktu

Kegiatan ini dapat dilakukan bersama Ayah/Bunda di rumah, dengan  mengenalkan lima waktu shola yaitu : Subuh. Dhuhur, Ashar, Magrib dan Isya’. Bisa juga Ayah/ Bunda sekaligus menyampaikan jumlah raka’atnya. Setelah anak-anak di kenalkan lima waktu sholat, ajak anak untuk membuat pengingat “Jangan Lupa Sholat Lima Waktu”. Bisa juga “Sholat Tepat Pada Waktunya”, dan lainnya.


2. Senangnya  bermain mencari jejak

Kegiatan pembelajaran ini, anak di minta untuk menarik garis huruf agar menjadi suatu kata, yaitu tentang rukun islam yang sudah anak - anak kenal, seperti: Rukun Islam. Caranya anak – anak menarik garis huruf menjadi kata yang sudah di temukan di dalam kotak huruf di dalam LK. 

3. Senangnya membantu Ibu menyiapkan makanan/ minuman untuk berbuka Puasa

 kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak atau memberikan kesempatan kepada anak untuk ikut membantu dalam menyiapkan makanan ataupun minuman untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah.


 4. Yuk membangun masjid dan ka’bah

Kegiatan kali ini, anak akan membangun bangunan Masjid dan Ka’bah sesuai imajinasi serta kreativitas masing - masing anak, dengan media yang ada dirumah. Bisa dengan lego, blok house, plastisin, kardus bekas dan mainan atau media lainnya.


5. Yuk kita buat minuman kurma

kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk secara mandiri dengan bersabar untuk membuat air nabes (minuman rendaman dari kurma). Dengan cara : anak memasukan tujuh butir kurma kedalam gelas, kemudian tuangkan air hangat dan rendam beberapa saat. Jangan lupa kenalkan kepada anak bahwa Ketika berbuka di sunahkan memulai berbuka dengan memakan kurma dan ajak anak mengenal apa saja manfaat kurma bagi manusia.


6. Alhamdulillah aku bisa kolase gambar Sajadah

Kegiatan kolase pada gambar sajadah yaitu, anak mengisi potongan kertas lipat pada gambar sajadah. Potongan-potongan kertas lipat dengan bentuk-bentuk geometri seperti : bentuk segitiga, lingkaran, persegi atau persegi Panjang. Ajarkan anak mengerjakan dengan sabar dan teliti dan menggunakan lem kertas secukupnya.

    Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

    Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

    Jazakumullah khair atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

 

Laporan : Ari Widyabtari, S. Pd AUD.