RPPM KB Tema Benda Benda Langit Sub Tema Bumi

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin, segala puji hanya milik Allah. Syukur yang         terhingga kita masih diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi kepada  Ayah/Bunda dan Ananda semua yang semoga senantiasa  dirahmati Allah.. Ayah/ Bunda, semuanya untuk  pekan ini kita masuk di tema  Alam semesta dengan topik bumi.

Ayah/Bunda semuanya dalam tema ini  ada beberapa pilihan kegiatan mian yang kami sediakan untuk ayah bunda . Adapun tujuan yang inigin dicapai dalam kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang yaitu ; 1. Anak dapat menghargai dan mensyukuri karunia alam sekitar sebagai  ciptaan Allah 2. Dapat melakukan gerakan mototrik halus dan motorik kasar, 3. mengenal benda-benda alam sesuai jenis dan ukuran 4. Memahami cerita sederhana 5. Sabar dalam menyelesaikan tugas 6. Dapat menunjukan kreasi sederhana. Kegiatan bermain ini kami bagi menjadi  dua pekan.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu I  ini adalah :



1.    Asyiknya jalan-jalan melihat ciptaan Allah,

kegiatan yang dilakukan adalah mengajak Ananda untuk jalan-jalan mengamati lingkungan sekitar . Ajak Ananda untuk memperhatikan kepada benda-benda ciptaan Allah yang ada di sekitar kemudian mintalah Ananda untuk menyebutkan satu persatu dan meraba atau menyentuh/ memegang benda tersebut.


2.    Asyiknya bermain tanah. Kegiatan yang dilakukan adalah mengajak Ananda untuk membuat berbagai macam bentuk dengan tanah, apabila tidak memungkinkan bisa diganti dengan play dough atau plastisin. Agar Ananda lebih asik dalam bermain boleh difasilitasi dengan berbagai micro play ( berbagai macam bentuk cetakan )

 


3.    Alhamdulillah aku bisa mengelompokan benda . Kegiatan yang diklakukan adalah mengajak Ananda mencari benda-benda ciptaan ciptaan Allah yang ada di sekitar . masing -masing benda paling banyakn lima.Kemudian mintalah Ananda untuk mengelompokan benda tersebut berdasarkan jenisnya.

 


4.     Ajaklah Ananda untuk melihat, meraba dan menyebut satu persatu benda-benda yang terbuat dari tanah, misalnya guci,kuali, pot dari tanah dan lain-lain. Kemudian ajaklah Ananda untuk mensyukuri nikmat Allah salah satunya tanah/.bumi yang bisa dieksplor

 


5.    Alhamdulillah senangnya membaca buku cerita bersama Ayah/ Bunda. Setelah membacakan buku ajaklah Ananda untuk mengingat kembali isi dari cerita yang telah dibaca Bersama-sama. Ayah/bunda juga dapat menyediakan mainan pendamping seperti krayon, kertas untuk menggambar

 


6.    Asyiknya berdiskusi bersama Ayah/ Bunda .Ajaklah Ananda berdiskusi di halaman atau lingkungan sekitar sambil menikmati indahnya ciptaan Allah.  Apa yang diciptakan Allah pasti ada manfaat buat manusia . Begitu juga dengan bumi, banyak dan besar sekali manfaatnya. Bumi sebagai tempat hidup,  berkarya,  belajar bertanam, mencari makan, berdirinya bangunan dan lain-lain.


7.    Aku bisa mencuci dan mengelap tangan sendiri. Setelah selesai melakukan kegiatan mintalah kepada Ananda untuk mencuci dan mengelap tangan sendiri atau bersih-bersih badan jika diperlukan.

 Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Laporan : Tatik Nasehati, S. Ag