RPPM Tema Komputer Minggu Pertama TK B

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah Bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perlindungan Alloh SWT.

Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “Alat Komunikasi dengan sub tema Komputer”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari; 2) Dapat melakukan gerakan motorik kasar dan halus; 3) memiliki sikap sabar dan mandiri; 4) dapat mengenal tekhnologi sederhana; 5) dapat mengenal keaksaraan; 6) dapat berkreasi.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ini adalah :

 


1.      Alhamdulillah ….. yuuk kita mengenal komputer.

Kegiatan ini dapat dilakukan bersama Ayah atau Bunda mengenalkan alat komunikasi komputer, ajak Ananda untuk diskusi sederhana, bercakap - cakap tentang guna dan fungsi komputer,

 

Guna dan manfaat komputer misalnya 1. Sebagai sarana komunikasi, menggantikan telephon rumah 2, Mempermudah pekerjaan  dengan mengolah data  mengirimkan informasi,mencetak dokumen, 3. Penunjang dan sarana  Pendidikan, 4. Sebagai sarana sumber informasi dengan mengakses internet.

  


   

 

2.       Alhamdulillah aku bisa berdoa dan mengaji setiap hari

Kegiatan ini dapat dilakukan di dalam  rumah, seperti di ruang tamu, ruang  makan, ruang tidur ataupun diruang keluarga. Ayah bunda bisa mengajak Ananda untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, ayah bunda juga bisa membiasakan Ananda untuk selalu mengaji/murojaah dirumah.

 

 


3.      Hore aku bisa berjalan lurus ke depan:

Kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak Ananda. Ajak  Ananda untuk berolahraga berjalan santai bersama keluarga di lingkungan rumah, setelah itu ajak Ananda melakukan gerakan berjalan lurus ke depan. Untuk variasi boleh Ananda diajak melakukan gerakan berjalan maju, mundur, kesamping, dengan lurus. 

 


4.        Alhamdulillah aku bisa bermain dan belajar dengan mandiri: 

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak atau memberikan tanggung jawab kepada Ananda untuk menyelesaikan tugas yang telah di sepakati bersama, seperti; merapikan mainan setelah digunakan, merapikan alat makan /minum dan mau menyelesaikan tugas yang di berikan oleh ustadzah.

 


 

5.        Yuk mengenal bagian-bagian komputer:

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan Ayah/bunda untuk mengajak Ananda mengamati bagian-bagian komputer atau laptop yang ada dirumah ( boleh menggunakan media gambar )  sambil menjelaskan bagian apa saja yang terdapat pada komputer, setelah itu Ayah/bunda boleh berdiskusi dan  menanyakan kembali kepada Ananda untuk menyebutkan ulang nama bagian-bagian komputer yang telah di amatinya.

 


6.      Alhamdulillah aku bisa menulis bagian-bagian komputer:

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak Ananda untuk menirukan  atau melihat tulisan bagian-bagian pada komputer, bisa melalui gambar ataupun video, setelah itu Ananda di minta untuk menulisnya

 



 7.   Aku bisa mengurutkan angka dan huruf pada gambar komputer:

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak ananda untuk menulis dan mengurutkan huruf atau angka yang ada pada gambar komputer.



8.      Saya bisa mencuci tangan setelah bermain : 

Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak Ananda untuk selalu mencuci tangan selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan 

 

 


  9 .Aku bisa menggambar alat komunikasi:

Kegiatan ini dilakukan  dengan mengajak Ananda untuk menyiapkan kertas, pensil/spidol yang akan digunakan untuk menggambar. Ananda boleh menggambar alat komunikasi yang kalian inginkan.

 

Kami persilahkan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh