RPPM Tema Komputer Minggu Pertama TK A

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perllindungan Alloh SWT.

Alhamdulillah tidak rerasa telah sampai kita disemester 2 di bulan Februari, Ayah bunda kami informasikan bahwasanya 2 minggu ini

seharusnya  Ananda sudah masuk sekolah. namun karena pandemi belum berakhir, sehingga anak-anak masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.

Nah Ayah Bunda, bermain dan belajar bersama dari rumah Ananda minggu ini  dengan tema Alat Komunikasi sub tema Komputer ”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang sesuai tahapannya yaitu :                                   

1) Anak dapat mempercayai Allah, menghargai ciptaan Allah dengan bisa membedakan alat komunikasi ciptaan Allah dan buatan manusia, terbiasa beribadah sehari - hari.

2)      Dapat melakukan gerakan motorik kasar, halus dan hidup sehat.                                                  

3) Mengenal benda benda sekitar dan mengenal tekhnologi sederhana komputer.                                                                      

4)      Dapat menceritakan pengalaman dan keaksaraan awal.

5)      Dapat memiliki sikap sabar dan mandiri.

6)      Dapat berkreasi dan membuat karya seni.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu pertama tema komputer  ini adalah :


1.    Yuuk   …berdoa sebelum belajar. Kegiatan  yang dapat dilakukan Bersama Ayah atau Bunda adalah mengajak Ananda untuk mengawali setiap kegiatan dengan berdoa. Berdoa sebelum belajar, semoga Allah selalu memberikan ilmu yang barakah manfaat dunia akhirat, sampaikan keananda segala sesuatu yang kita lakukan niatkan karena Allah dan mendapatkan ridho Allah SWT  



                              

2.    Alhamdulillah ….. yuuk kita mengenal komputer. Kegiatan yang dapat dilakukan bersama Ayah atau Bunda adalah mengenalkan alat komunikasi komputer, ajak anak untuk selalu bersyukur dengan adanya alat komunikasi komputer buatan manusia, sedangkan Allah menciptakan Alat komunikasi berupa Al Qur’an dan anggota tubuh kita  dan alam semesta. Ajak Ananda diskusi sederhana, bercakap - cakap tentang guna dan fungsi komputer,

 

Guna dan manfaat komputer misalnya

1. Sebagai sarana komunikasi, menggantikan telephon rumah 

2. Mempermudah pekerjaan  dengan mengolah data  mengirimkan informasi,mencetak dokumen,

3. Penunjang dan sarana  Pendidikan

4. Sebagai sarana sumber informasi dengan mengakses internet.

 

 


3.    Yuuk mengaji Ummi dan murajaah juga belajar sholat jangan lupa praktek wudhunya. Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah atau Bunda adalah kegiatan ibadah sehari - hari seperti, mengaji Ummi, sambil bermain ajak ananda murajaah Surat – surat pendek, Hadits dan Doa yang sudah diajarkan, ajak ziadah hafalan  surat hadits doa baru. Ananda juga bisa diajak praktek sholat dan berwudhu.

 


4.  Hore aku bisa berjalan sambil membawa beban : kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergerak anak-anak. Ajak anak-anak untuk berolahraga berjalan santai bersama keluarga li lingkungan rumah, setelah itu ajak anak melakukan gerakan berjalan sambil membawa beban. Untuk variasi boleh anak-anak diajak melakukan gerakan berjalan maju, mundur, kesamping, dengan lurus.



 

5.    Saya bisa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga    setelah bermain,    kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga pada saat selesai bermain apa saja dirumah, kegiatan ini bersifat pembiasaan



6.  Terimakasi yaa Allah kau jadikan aku anak Sholih sholikhah yang cerdas dan pintar bisa menyebutkan bagian- bagian komputer kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak ananda  melihat mengamati bagian bagian komputer, bisa melalui gambar, video.  




7.    Alhamdulillah Aku bisa membaca kosa kata dan menulis bagian - bagian komputer. Kegiatan ini dapat bisa dilakukan dengan melalui permainan atau tebak tebakan lewat kartu kosa kata atau kosa kata bergambar  setelah Ananda menemukan diminta untuk menuliskan, jika sudah behasil dikasih riwerd  bintang atau yang lainnya.

    

        Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

        Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

        Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#


Laporan : Juwariyah, A. Ma