RPPM Tema Komputer Minggu II TK B

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan  selalu dalam perlindungan Alloh SWT.

Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “Alat Komunikasi dengan sub tema Komputer”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu 1) Anak dapat menghargai ciptaan Allah dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari; 2) Dapat melakukan gerakan motorik kasar dan halus; 3) memiliki sikap sabar dan mandiri; 4) dapat mengenal tekhnologi sederhana; 5) dapat mengenal keaksaraan; 6) dapat berkreasi.

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu ini adalah :

 


1. Aku bisa mengenal jenis-jenis komputer. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama ayah/bunda, untuk mengenalkan dan menunjukkan berbagai macam jenis-jenis komputer . Ceritakan apa saja jenis-jenis komputer tersebut misalnya seperti : Personal computer/PC, tablet, desknote, laptop, notebook, palmtop dan masih banyak contoh lainnya.

     


2.  Alhamdulillah aku bisa berdoa dan mengaji setiap hari. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama Ayah atau Bunda seperti, mengaji Ummi, sambil bermain ajak ananda murajaah Surat – surat pendek, Hadits dan Doa yang sudah diajarkan. Ananda juga bisa diajak praktek sholat dan berwudhu.

 




3.  Hore aku bisa berjalan lurus ke depan sambil membawa beban: kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah/teras atau ruangan yang cukup untuk bergera Ananda. Ajak Ananda untuk berolahraga berlari bersama keluarga dirumah, setelah itu ajak Ananda melakukan gerakan berjalan lurus ke depan. Untuk variasi Ananda boleh diajak melakukan gerakan berjalan lurus ke depan sambil membawa beban.

 


4.  Alhamdulillah aku bisa sabar dan mandiri dalam bermain dan belajar:  kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak atau memberikan tanggung jawab kepada Ananda untuk menyelesaikan tugas yang telah di sepakati bersama, seperti; merapikan alat belajar setelah digunakan, dan mau menyelesaikan tugas yang di berikan oleh ustadzah.

 


5. 
Yuk mengenal perlengkapan komputer: kegiatan ini dapat dilakukan dengan Ayah/bunda mengajak Ananda untuk melihat  perlengkapan komputer atau laptop yang ada dirumah  ( boleh dengan media gambar bila tidak ada komputer ) sambil menjelaskan apa saja kelengkapannya, setelah itu Ayah/bunda boleh berdiskusi dan menanyakan kembali kepada Ananda untuk menyebutkan kembali nama-nama perlengkapan komputer yang telah di amatinya.

 


6.  Senangnya berkreasi dengan kardus bekas: Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menyiapkan kardus bekas, gunting atau cutter,spidol dan lem. Ajak Ananda untuk berkreasi membuat alat komunikasi seperti laptop atau komputer menggunakan kardus yang sudah di sediakan.

 


7.       Menyanyi tentang alat komunikasi.

Bunda bisa mengajak Ananda untuk menyanyai lagu tentang alat komunikasi. Menyanyi bisa dilakukan dengan keadaan senang dan ceria. Lirik lagunya :

# Komputer, komputer… ada empat bagian,  CPU  monitor mouse dan keyboardnya# Mouse menggerakkan kursor, monitor untuk layar

 # CPU isi data, keyboard mengetik




8.     Aku bisa mewarnai gambar komputer: Kegiatan ini dilakukan  dengan mengajak Ananda untuk menyiapkan crayon/spidol yang akan digunakan untuk mewarnai. Ananda boleh mewarnai alat komunikasi yang kalian suka sesuai dengan kreasimu.

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan Ananda  untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Laporan : Tim Guru TK B