RPPM Tema Komputer Minggu II TK A

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah syukur kehadirat Allah swt, Ustadzah dapat bertemu                                                                                 kembali dengan Ayah bunda semua. Semoga Ayah Bunda sekeluarga      diberikan kesehatan  selalu dalam perllindungan Alloh SWT.

Alhamdulillah tidak rerasa telah sampai kita disemester 2 di bulan Februari, Ayah bunda kami informasikan bahwasanya 2 minggu ini

seharusnya  Ananda sudah masuk sekolah. namun karena pandemi belum berakhir, sehingga anak-anak masih harus bermain bersama Ayah Bunda di rumah.



Nah Ayah Bunda, bermain dan belajar bersama dari rumah Ananda minggu ini  dengan tema Alat Komunikasi sub tema Komputer ”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang kami sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang sesuai tahapannya yaitu :                                   

1)     Anak dapat mempercayai Allah, menghargai ciptaan Allah dengan bisa membedakan     alat komunikasi ciptaan Allah dan buatan manusia,     terbiasa beribadah sehari - hari.

2) Dapat melakukan gerakan motorik kasar, halus dan hidup sehat.                                                  

3) Mengenal benda benda sekitar dan mengenal tekhnologi sederhana komputer.                                                                      

4)   Dapat menceritakan pengalaman dan keaksaraan awal.

5)   Dapat memiliki sikap sabar dan mandiri.

6)   Dapat berkreasi dan membuat karya seni.

Untuk kegiatan main di minggu ke dua di tema Alat Komunikasi Komputer adalah :


1.  Aku tetap semangat belajar dan selalu bersyukur sama Allah dengan selalu berdoa.

    Kegiatan ini bisa dilakukan besama ayah atau bunda dengan memulai kegiatan dengan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan atau belajar.




2.      Aku senang mengaji Ummi dan murajaah juga belajar sholat aku juga bisa wudhu.

        Kegiatan dapat dilakukan bersama Ayah atau Bunda adalah kegiatan ibadah sehari - hari seperti, mengaji Ummi, sambil bermain ajak ananda murajaah Surat – surat pendek, Hadits dan Doa yang sudah diajarkan, ajak ziadah hafalan  surat hadits doa baru. Ananda juga bisa diajak praktek sholat dan berwudhu ketika sudah tiba waktu sholat .




3.      Alhamdulillah aku bisa menggunting dan menempel gambar alat   komunikasi

 

Ayah atau Bunda di kegiatan main ini bisa mengajak Ananda untuk melakukan kegiatan main menggunting dan menempel gambar - gambar alat komunikasi, sambil diajak menyebutkan nama – namanya sesuai gambarnya



 

4.      Alhamdulillah aku bisa bernyanyi tentang alat komunikasi

Kegiatan ini bisa dilakukan bersama Ayah atau Bunda sambil melakukan kegiatan ringan  

seperti menyirami atau menyiangi tanaman, mencuci kendaraan ( lagu aku tukang pos )

 

lirik  lagu : Ku punya radio ku punya televisi koran dan majalah alat komunikasi

                   Ku puya Komputer ku punya leptop, telephon dan hendphon alat komunikasi

                      Ku punya kentongan kupunya peluit surat dan telegram alat komunikasi

, Lirik lagu : (menanam jagung )

 Koran pagi ku telah tiba, kubuka – buka lalu kubaca

 Banyak beritanya, ragam gambarnya, memmbaca koran sangat berguna

 Ayo …ayo…gemar membaca, gemarmembaca banyak ilmunya

 Ayo….ayo …gemar membaca membaca koran salah satunya.




5.      Asyiknya membuat kreasi dari kardus bekas ( membuat bentuk komputer )

Kegiatan ini dilakukan bersama Ayah atau Bunda  dengan mengajak Ananda berkreasi dengan menggunakan kardus bekas, sambil menyebutkan atau menceritakan apa yang dibuat bisa juga  tentang bentuk, warna, tekstur.


6.      Alhamdulillah aku bisa mengurutkan angaka1-10

Kegiatan ini bisa dilakukan Bersama Ayah atau Bunda dengan mengajak ananda melakukan kegiatan main membuat potongan -  potangan angka dari kalender bekas dibuat kartu kecil kecil kemudian Ananda dipersilahkan mengurutkan angkanya 1-10, dan Ananda  bisa juga  diajak membuat  karya seni dengan menempel atau meronce urutan angkanya.



7.      Menyenangkan juga belajar mengenal huruf  

 Kegiatan Ananda ini dapat dilakukan bersama Ayah atau Bunda dengan menulis, menyusun namanya sendiri dan nama teman melalui komputer atau leptop seandainya belum  memungkinkan bisa melalui HP bisa juga dengan kegiatan  menyusun potongan potongan huruf menjadi kosa kata “komputer”

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

 Laporan: Tim Guru TK A