RPPM Sepeda Minngu Ke 2 KB Permata Ummi

RPPM SEPEDA MINGGU KE 2

KB PERMATA UMMI


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Ayah/Bunda yang berbahagia, tidak terasa  kita memasuki bermain dan belajar semester 2 dibulan Februari , tentunya Ananda semua dalam keadaan sehat selalu. Ayah/ Bunda, semuanya untuk  pekan ini kita masuk di tema  transportasi dengan topik sepeda.

    Ayah/Bunda semuanya dalam tema ini  ada beberapa pilihan kegiatan mian yang kami sediakan untuk ayah bunda . Adapun tujuan yang inigin dicapai dalam kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang yaitu ; 1. Anak dapat menghargai dan mensyukuri  ciptaan Allah 2. Dapat melakukan gerakan mototrik halus dan motorik kasar, 3. mengenal lingkungan alam sekitar tertutama alat transportasi, 4. Mengenal  benda-benda sekitar, 5. Menceritakan pengalaman sederhana, 6. Aktivitas seni sederhana. 

Beberapa kegiatan main yang bisa Ayah Bunda pilih dalam minggu 6 ini adalah :

1.     Alhamdulillah aku bisa membuat kendaraan dengan bahan bekas. Kegiatan ini dilakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan kardus

 


2.     Senangnya aku bisa membilang kendaraan yang ada di rumahku. Ajaklah Ananda ke garasi rumah, bersama Ananda  menyebut satu persatu nama kendaraan yang ada, kemudian   mintalah kepada Ananda untuk menghitung kendaraan tersebut. Tunjukan angka  kepada Ananda sesuai jumlah kedaraannya.

                                         
 

3.   Alhamdulillah aku bisa menyusun puzzle. Ajaklah Ananda untuk mengamati gambar kendaraan yang sudah disediakan. Kemudian potonglah gambar kendaraan tersebut menjadi 2-4 bagian. Mintalah kepada Ananda untuk menyusun kembali potongan gambar tersebut menjadi bentuk seperti sedia kala.

 


4.          Alhamdulillah aku bisa merawat dan membersihkan sepeda. Siapkan sepeda Ananda, ember berisi air ( kran air ), sampo dan kain lap, mintalah Ananda untuk mencuci sepeda setelah selesai mintalah untuk mengeringkannya dengan kain lap.


5.          Asyiknya menempel kepingan geometri menjadi bentuk kendaraan. Kegiatan di awali dengan memperkenalkan kepingan bentuk geometri kepada Ananda, seperti persegi, persegi panjang, segi tiga dan lingkaran.Setelah anada menyebut nama-nama bentuk geometri tersebut ajak Ananda untuk menyusun kepingan bentuk geometri itu menjadi sebuah bentuk kendaraan.

6.        Menyanyi lagu kendaraan. Kring-kring kring ada sepeda, sepedaku roda tiga, ku dapa dari ayah karena rajin bekerja. Tu tu tu aku punya sepatu, sepatuku warna biru, ku dapat dari ibu , karena rajin membantu.

 

Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih 1 kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan ananda, beri kebebasan ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada   anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain.  Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

Terimakasih atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Laporan : Tatik Nasehati, S. Ag