RPPM Tema Sepeda Minngu Pertama Kelompok B TK Yaa Bunayya

RPPM TEMA SEPEDA MINGGU PERTAMA

 KELOMPOK B TK YAA BUNAYYA


Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah swt, Semoga Ayah Bunda sekeluarga diberikan kesehatan dan selalu dalam perllindungan Allah SWT.

Nah Ayah Bunda, tema bermain bersama Ananda minggu ini adalah “kendaraan darat/ sepeda”. Ada beberapa pilihan kegiatan main yang Ustadzah sediakan untuk Ayah Bunda bermain dengan Ananda di rumah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan main ini adalah agar 6 aspek perkembangan pada Ananda dapat berkembang, yaitu:

1.      Anak dapat mempercayai adanya Allah SWT melalui ciptaanNya pada alat transportasi kendaraan darat/ sepeda. (Nam 1.1)

2.      Anak dapat menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. (FM 3.3-4.3)

3.      Anak dapat menunjukkan sikap mandiri. (SE  2.8)

4.      Anak dapat mengenal benda-benda disekitarnya. (Kog 3.6-4.6)

5.      Anak dapat menunjukkan kemampuan keaksaraan awal. (Bahasa 3.12-4.12)

6.      Anak dapat membuat berbagai karya dan aktivitas seni. (Seni 3.15-4.15)

Beberapa Kegiatan Main Yang Bisa Ayah Bunda Pilih Dalam Minggu Ke 5, Yaitu :

1.    Aku senang mengenal macam-macam alat transportasi kendaran darat

Kegiatan ini dapat dilakukan bersama Ayah Bunda di rumah, dengan  mengenalkan macam-macam alat transportasi kendaran darat misalnya sepeda, motor, mobil dan lainnya. Ayah Bunda bisa mencari gambar kendaran darat di google, youtube, buku cerita, melihat/ mengamati langsung. Ajak anak berdiskusi atau tanya jawab tentang perbedaan, persamaan, manfaat, tempat pemberhentian dan lainnya kemudian anak anak menuliskan yang disebutan atau di kenalnya pada buku tulis.

2. 

2. Senangnya Naik Sepeda Bersama Ayah Bunda

Kegiatan ini dapat dilakukan dihalaman rumah, teras, lapangan atau ruangan yang cukup untuk naik sepeda anak-anak. Ajak anak-anak untuk naik sepeda bersama keluarga dirumah, kemudian tanyakan perasaannya atau pengalamannya naik sepeda bersama Ayah Bunda

3.      Alhamdulilah aku bisa mencuci sepedaku sendiri

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak  untuk dapat merawat sepeda kepunyaannya secara mandiri dengan mencuci sepedanya sendiri dengan suasana yang menyenangkan.


4.      Senangnya aku dapat mengenal dan menulis warna-warna  sepeda

    Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak melihat secara langsung pada sepedanya, melihat gambar sepeda di buku, majalah, melihat di youtobe atau google. Kemudian ajak anak menyebutkan warna-warna sepeda dan menuliskan macam-macam warna sepeda yang sudah diketahuinya. 

5.      Yuk kita menulis bagian-bagian sepeda

      Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk mengamati dengan lebih teliti dan detail sepedanya, kemudian tanyakan bagian-bagian sepeda yang sudah di ketahui seperti : sedel, pedal, setang dan lainnya. Kemudian ajak anak menuliskan bagian-bagian sepeda setelah mengamati.


6.    Alhamdulillah aku bisa menggambar sepeda

Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk menuangkan imajinasi untuk menggambar sepeda sesuai kreativitas masing-masing anak.  

     Kami persilakan kepada Ayah Bunda untuk memilih satu kegiatan main setiap harinya. Libatkan anak untuk memilih kegiatan main mana yang ingin dilakukan. Hal tersebut bisa ditanyakan sehari sebelumnya, agar Ayah/Bunda bisa menyiapkan segala sesuatunya.

    Ayah Bunda bisa mengamati kegiatan yang dilakukan Ananda, beri kebebasan Ananda untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Berikan apresiasi kepada anak setiap setelah melakukan kegiatan bermain. Ayah Bunda bisa mendokumentasikan berupa foto/video, dan mohon berkenan untuk dikirimkan kepada kami melalui WA Group.

    Jazakumullah khair atas partitipasi aktif dari Ayah Bunda. Salam sehat, semoga kita terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. #salam sehat, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun#

Laporan    : TIM Guru TK B