PEMBELAJARAN ONLINE MENARIK UNTUK ANAK



TPA KB PERMATA UMMI, TK YAA BUNAYYA- Sejak merebaknya kasus Covid 19, Dinas Pendidikan memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara online pada semua jenjang pendidikan. Pembelajaran dari rumah ini diharapkan mampu menjauhkan anak-anak dari paparan virus Covid 19.

Tak terkecuali pada TPA KB Permata Ummi dan TK Yaa Bunayya, sekolah yang mempunyai jenjang pendidikan dari usia 3 bulan- 7 tahun ini juga tetap mengadakan pembelajaran, melalui online di grup kelas masing-masing.

Kegiatan pembelajaran online TPA KB Permata Ummi dan TK Yaa Bunayya berisi pembelajaran menyenangkan bersama orang tua, yang menstimulasi setiap aspek perkembangan anak dan menitik beratkan pada nilai moral agama dan pembelajaran Al- Qur'an. 

Setiap hari ustadzah mengirimkan rekaman suara ataupun video doa, hadist, dan muroja'ah surat yang disesuaikan dengan kelas masing-masing. Kemudian dalam sehari ada tugas bermain dan belajar bersama orangtua, seperti; jalan-jalan, berolahraga, beramin lego, mendengarkan dan membaca shiroh nabi, life skill (makan sendiri, merapikan mainan, cuci tangan, mandi), dll.

Pembelajaran melalui rekaman suara dan video ustadzah tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Meskipun anak-anak belajar dari rumah mereka tetap bisa berinteraksi secara online dengan ustdzah kelas masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran yang disampaikan diharapkan mampu memotivasi anak-anak untuk tetap aktif bermain dan belajar di rumah.

Keberhasilan pembelajaran online tidak terlepas dari dukungan orangtua. Orangtua yang aktif mendampingi anak anak belajar di rumah, secara tidak langsung juga ikut belajar bersama anak-anak. Orangtuapun memberiakan tanggapan yang positif adanya video pembelajaran online yang dikirimkan ustadzah. Antusiasme orangtua terlihat, dengan mengirimkan hasil belajar anak-anak dari rumah. 

Semoga kedepannya dalam kegiatan belajar dari rumah TPA KB Permata Ummi dan TK Yaa Bunayya, akan menyajikan kegiatan yang lebih menarik lagi.

Laporan : Humas sekolah
Foto       : Dokumentasi sekolah